• Hubungi Kami
  • Disclaimer
  • Tentang Kami
  • Kebijakan Privasi
Sabtu, 9 Agustus 2025
  • Login
Nalari Berita
  • Home
  • Bisnis
  • Edukasi
  • Olahraga
  • Pendidikan
  • Politik
No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Edukasi
  • Olahraga
  • Pendidikan
  • Politik
No Result
View All Result
Nalari Berita
No Result
View All Result

Perkuat Jaringan Pengawasan Pelayanan Publik, Ombudsman Hadiri Diskusi Alumni UI

Perkuat Jaringan Pengawasan Pelayanan Publik, Ombudsman Hadiri Diskusi Alumni UI

BacaJuga

Proyek Irigasi Cibanon Diduga Siluman Tanpa Papan Informasi dan Keselamatan Pekerja

Proyek Irigasi Cibanon Diduga Siluman Tanpa Papan Informasi dan Keselamatan Pekerja

Kontraktor Rehabilitasi SDN Kaumpandak 02 Dianggap Abaikan Keselamatan Pekerja

Kontraktor Rehabilitasi SDN Kaumpandak 02 Dianggap Abaikan Keselamatan Pekerja

www.nalarberita.id – Ombudsman Republik Indonesia terus memperkuat jaringan pengawasan pelayanan publik. Ini dilakukan oleh anggota Ombudsman, Hery Susanto, saat berpartisipasi dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Aktivis Mahasiswa Universitas Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di salah satu restoran di kawasan kampus UI, Depok.

Diskusi ini dipimpin oleh Ahmad Hadi Hardilani, seorang alumni UI, dan mengangkat tema “Memperkuat Silaturahmi dan Jaringan Pengawasan Pelayanan Publik.” Dalam forum ini, Hery Susanto menjelaskan peran dan fungsi Ombudsman sebagai lembaga negara yang mengawasi pelayanan publik. Hery menyoroti bagaimana Ombudsman didirikan sebagai respons terhadap berbagai keluhan masyarakat mengenai pelayanan publik, terutama yang disebabkan oleh praktek-praktek korupsi dan nepotisme yang marak pada era Orde Baru.

Pentingnya Pengawasan Pelayanan Publik

Ombudsman berperan krusial dalam menjaga kualitas pelayanan publik. Melihat dari pengalaman di negara-negara Eropa, di mana ombudsman dianggap sebagai lembaga yang sangat kuat dan efisien, Hery mengatakan bahwa berbeda dengan di Indonesia, di mana lembaga ini terkadang dianggap sebagai pengganggu oleh pihak pemerintah. Meski begitu, harapan Hery adalah agar pemerintah yang akan datang dapat memperkuat kedudukan Ombudsman. Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia yang telah beroperasi selama 16 tahun harus segera direformasi agar pengawasan pelayanan publik semakin efektif.

Data terbaru menunjukkan bahwa kehadiran Ombudsman RI sangat diperlukan untuk menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat tentang maladministrasi. Ketidakpuasan atas pelayanan publik kerap kali berujung pada ketidakpercayaan terhadap pemerintah. Dalam diskusi ini, Hery menyatakan keinginan untuk mendengarkan pemahaman masyarakat mengenai peran Ombudsman, khususnya dari kalangan alumni dan aktivis mahasiswa.

Harapan Generasi Muda untuk Perubahan

Ketua Umum PB HMI, Bagas Kurniawan, yang juga merupakan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, mengungkapkan harapannya agar sinergitas antara alumni dan Ombudsman dapat menciptakan perubahan yang signifikan. Generasi muda diharapkan dapat memiliki wadah untuk berkontribusi dalam peningkatan pelayanan publik. Bagas menekankan pentingnya peran serta generasi muda dalam menyampaikan aspirasi dan meningkatkan kesadaran publik akan hak-hak mereka.

Politisi muda dari Partai Persatuan Pembangunan, Abdullah Mansur, menekankan bahwa wewenang Ombudsman harus diperkuat agar tidak hanya sekadar memberikan rekomendasi yang tidak efektif. Menurutnya, saatnya ada langkah konkret untuk mengawal revisi Undang-Undang Ombudsman RI sekaligus memperkuat legitimasi dan kekuasaan lembaga ini dalam menjalankan tugasnya.

Pengalaman pribadi dari Ramdansyah Bakir, seorang alumni yang pernah berkolaborasi dengan Ombudsman di komunitas masjid, menjadi contoh bagaimana hubungan ini dapat mengubah pandangan masyarakat terhadap kekuatan lembaga ini. “Respons warga sangat positif ketika kami menjelaskan fungsi Ombudsman dalam menyelesaikan pengaduan pelayanan publik di berbagai sektor,” ujarnya. Hal ini menonjolkan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam proses pengawasan layanan.

Dalam upaya memperdalam pemahaman terkait pelayanan publik, Hery turut memperkenalkan beberapa buku terbitan Ombudsman yang membahas berbagai isu, dari pengawasan sampai solusi atas masalah polusi. Ini adalah langkah edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai hak dan kewajiban mereka dalam sistem pelayanan publik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan Ombudsman di Jakarta Raya, Dedy Irsan, serta jajaran dari Ombudsman lainnya. Diskusi ini bukan sekedar ajang untuk bertukar informasi, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi antara masyarakat dan Ombudsman. Dalam konteks pelayanan publik yang kian kompleks, keterlibatan masyarakat menjadi sangat penting agar semua suara terdengar dan diakui.

Previous Post

HUT ke-2 Dewa United, Ketua MPR RI Dorong Olahraga Jadi Industri

Next Post

Deteksi Dini dan Kolaborasi untuk Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak di Enceng

Rekomendasi

Dugaan Pungutan Komite Rp2,8 Juta di MAN 2 Karawang

Dugaan Pungutan Komite Rp2,8 Juta di MAN 2 Karawang

Pemilik Toko Bangunan Kagum dengan Proses Produksi Semen Ramah Lingkungan

Pemilik Toko Bangunan Kagum dengan Proses Produksi Semen Ramah Lingkungan

Piala Borimex 2025 Siap Digelar di Bogor untuk Menciptakan Generasi Sehat

Piala Borimex 2025 Siap Digelar di Bogor untuk Menciptakan Generasi Sehat

Bengkel Harapan dari Cileungsi untuk Palestina

Bengkel Harapan dari Cileungsi untuk Palestina

Final Seru Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-23 2025 Menurut Pengamat

Final Seru Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-23 2025 Menurut Pengamat

Transformasi Pendidikan Unik di Jawa Barat, Harapan dan Idealis?

Transformasi Pendidikan Unik di Jawa Barat, Harapan dan Idealis?

SMAN 9 Jakarta Raih Juara 1 Nasional Sekolah Siaga Kependudukan

SMAN 9 Jakarta Raih Juara 1 Nasional Sekolah Siaga Kependudukan

Sidebar

Kategori

  • Bisnis
  • Edukasi
  • Olahraga
  • Pendidikan
  • Politik
Nalari Berita

© 2025 NalarBerita | All Rights Reserved.

Navigate Site

  • Hubungi Kami
  • Disclaimer
  • Tentang Kami
  • Kebijakan Privasi

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Edukasi
  • Olahraga
  • Pendidikan
  • Politik

© 2025 NalarBerita | All Rights Reserved.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?